Diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ITHLA DPW II (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten)
MINGGU, 28 September 2025 – Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ITHLA DPW II sukses menyelenggarakan Webinar Kepenulisan Ilmiah pada pukul 13.00–15.30 WIB secara daring. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Aminatus Sholihah, M.Ak., akademisi sekaligus praktisi kepenulisan yang berpengalaman dalam bidang publikasi ilmiah, Kak Aminatus Sholihah juga merupakan Duta Baca Jawa Barat. Webinar kali ini juga dimoderatori oleh syababah Derillya Ananta selaku salah satu anggota dari Dept. Penelitian dan Pengembangan ITHLA DPW II.
Webinar ini mendapat antusiasme tinggi dari peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pegiat akademik dari berbagai perguruan tinggi. Tujuan utamanya adalah memberikan wawasan, keterampilan, dan motivasi kepada peserta agar mampu menghasilkan karya ilmiah yang bermutu serta layak dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.
• Materi Utama Webinar
Dalam pemaparannya, narasumber menyajikan tiga pokok bahasan:
Konsep Dasar Jurnal Ilmiah
Jurnal ilmiah adalah artikel penelitian yang memuat laporan sistematis hasil kajian.
Tujuan utamanya: menyebarluaskan penelitian yang orisinal, valid, dan telah melewati proses per-review para ahli.
Narasumber juga menjelaskan akses ke berbagai portal jurnal nasional maupun internasional seperti SINTA, Garuda, Google Scholar, Research Gate, hingga Scopus.
Teknik Membaca Jurnal Ilmiah secara Kritis
Peserta diajak untuk tidak hanya membaca, tetapi juga menganalisis isi jurnal dengan pendekatan enam pertanyaan kunci (WHAT, HOW, WHO, WHY, WHERE, WHEN).
Teknik ini membantu peneliti menemukan research gap, urgensi penelitian, serta arah pengembangan kajian.
Penyusunan Hasil Kajian sebagai Artikel Akademik
Narasumber membimbing peserta menyusun hasil kajian menjadi artikel ilmiah dengan alur yang sistematis: pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, hingga kesimpulan.
Ditekankan pula pentingnya aspek kebaruan (novelty) dan keterhubungan penelitian dengan kebutuhan akademik maupun masyarakat.
Studi Kasus dalam Webinar
Sebagai bentuk praktik, peserta diajak menelaah penelitian mengenai Penggunaan Media Digital Edpuzzle berbasis video interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Analisis ini menjadi contoh nyata bagaimana membaca jurnal secara kritis sekaligus menilai relevansi penelitian dengan perkembangan dunia pendidikan.
Manfaat Webinar
Kegiatan yang diprakarsai oleh Departemen Litbang ITHLA DPW II ini memberikan banyak manfaat, di antaranya:
Meningkatkan pemahaman peserta tentang kepenulisan ilmiah.
Melatih keterampilan membaca dan menganalisis jurnal dengan pendekatan kritis.
Mendorong mahasiswa dan akademisi untuk aktif menulis serta mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal nasional dan internasional.
Webinar yang berlangsung selama lebih dari dua jam ini berjalan dengan interaktif dan mendapat apresiasi tinggi dari peserta. Diskusi yang hangat menambah semangat peserta untuk lebih serius dalam menekuni dunia kepenulisan ilmiah.


Komentar
Posting Komentar